Keajaiban dan Keanehan Air Zam-zam

shares |

Advertisement
Zamzam ( زمزم) dalam bahasa arab berarti banyak, melimpah - ruah. air zamzam dikira bagaikan air suci oleh umat islam. zamzam menggambarkan sumur mata air yang terletak di wilayah masjidil haram, sebelah tenggara kabah, berkedalaman 42 m. bagi riwayat, mata air tersebut ditemui kesatu kali oleh siti hajar sehabis berlari - lari bolak - balik antara bukit safa dengan bukit marwah, atas petunjuk malaikat jibril, tatkala ismail, putera siti hajar, hadapi kehausan di tengah padang pasir, sebaliknya persediaan air tidak terdapat.

tidak banyak yang ketahui gimana telaga zam - zam boleh keluarkan puluhan juta liter pada masa haji dan juga dia tidak sempat kering meski sekali. seseorang pengkaji diperintahkan oleh raja faisal buat menyelidik telaga zam - zam untuk menanggapi tuduhan liar seseorang doktor dari mesir.

berapa juta liter air zam - zam?
berapa banyak air zam - zam yang di ambil tiap kali masa haji? ayo kita kira secara acak, jemaah haji yang tiba dari segala dunia pada tiap masa haji berusia ini berjumlah lebih kurang 2 juta orang.

seluruh jemaah diberi 5 liter air zamzam kala kembali ke tanah airnya, bila 2 juta orang bawa kembali tiap - tiap 5 liter air zam - zam ke negaranya, ini aja sudah jadi 10 juta liter.

disamping itu sejauh berposisi di mekah dan juga mayoritas jamaah tinggal 25 hari dan juga tiap orang menghabiskan 1 liter satu hari hingga jumlahnya sudah 50 juta liter.

keanehan air zam - zam
pada tahun 1971, seseorang dokter dari mesir berkata kepada koran di eropa kalau air zam - zam tidak sehat buat diminum.

pendapatnya bersumber pada kalau kota mekah itu terdapat di dasar garis permukaan laut, air zamzam itu berasal dari air limbah penduduk kota mekah yang menyerap, setelah itu mengendap terbawa bersama - sama air hujan dan juga keluar dari sumur air zamzam.

berita ini hingga ke kuping raja faisal yang setelah itu memerintahkan menteri pertanian dan juga sumber air buat menyelidiki permasalahan ini dan juga mengirim ilustrasi air zam - zam ke laboratorium - laboratorium di eropa buat diuji.

tariq hussain seseorang insinyur kimia yang bekerja di institut penyaringan air laut buat diminum di jedah, menemukan tugas menyelidikinya. pada dikala mengawali tugasnya tariq belum terdapat cerminan gimana sumur air zam - zam dapat menaruh air yang begitu banyak serupa tidak terdapat batasnya. kala hingga di dalam sumur, tariq sangat kaget kala memandang kalau dimensi “kolam” sumur itu cuma 18 x 14 kaki aja (hampir 5 x 4 m). tidak terbayang gimana sumur sekecil ini dapat keluarkan jutaan galen air tiap kali masa haji, dan juga ini terjalin semenjak ribuan tahun yang kemudian sejak era nabi ibrahim as.

riset menampilkan kalau mata air zam - zam dapat keluarkan air sebanyak 11 - 18 liter air per detik, dengan demikian tiap menit 660 liter air hendak dihasilkan, seperti itu yang mengejutkan. tariq mulai mengukur kedalaman air sumur dan juga memohon asistennya masuk ke dalam air, nyatanya air sumur itu cuma menggapai sedikit di atas bahu pembantunya yang besar badannya 5 kaki 8 inci.

kemudian ia menyuruh asistennya buat mengecek, apakah bisa jadi terdapat cerukan ataupun saluran pipa di dalamnya. sehabis mengecek dari satu tempat ke tempat yang lain, nyatanya tidak menciptakan whatever!. ia berpikir bisa jadi aja air sumur ini diambil dari luar lewat saluran pompa berkapisiti besar, bila itu keadaannya hingga ia mampu memandang turun - naiknya permukaan air secara seketika.

tetapi dugaannya meleset, ia tidak menciptakan gerakan air yang mencurigakan, pula tidak menciptakan terdapat perlengkapan yang dapat mendatangkan air dalam jumlah besar. berikutnya ia memohon asistennya masuk lagi ke dalam sumur, kemudian menyuruh berdiri dan juga diam ditempatnya sembari mengamati sekelilingnya. perhatikan dengan teliti dan juga laporkan apa yang terjalin walaupun sekecil whatever, sehabis melaksanakan proses ini dengan teliti, asistennya seketika mengangkut kedua tangannya sembari berteriak:

“alhamdulillah, aku menciptakannya! pasir halus menari - nari di dasar telapak kakiku, dan juga air itu keluar dari dasar sumur “.

kemudian asistennya dimohon berbalik mengelilingi sumur kala datang dikala pemompaan air (buat disalurkan ke tempat distribusi air) terjalin. ia merasakan kalau air yang keluar dari dasar sumur sama besarnya serupa saat sebelum periode pemompaan.

aliran air yang keluar besarnya sama di tiap titik di seluruh wilayah, ini menimbulkan permukaan sumur itu senantiasa tidak terdapat guncangan yang besar.

keajaiban_air_zam - zam

memiliki zat anti kuman
hasil riset ilustrasi air di eropa dan juga arab saudi menampilkan kalau air zam - zam memiliki zat fluorida yang terdapat energi efisien menewaskan bakteri, sama serupa sudah memiliki obat.

kemudian perbandingan air zam - zam dibanding dengan air sumur lain di mekah dan juga sekitarnya arab merupakan dalam perihal kuantitas kalsium dan juga garam magnesium. isi kedua - kedua mineral itu sedikit lebih banyak pada air zam - zam, bisa jadi karena seperti itu air zam - zam mampu menyegarkan untuk jamaah yang keletihan.

keistimewaan lain komposisi dan juga kerasa isi garamnya senantiasa normal senantiasa sama dari semenjak terjadinya sumur ini. kerasanya “selalu terpelihara, diakui oleh seluruh jemaah haji dan juga umrah yang senantiasa tiba tiap tahun. mampu mengobati penyakit nabi saw menarangkan: “sesungguhnya, air zam - zam ini air yang amat diberkahi, itu merupakan santapan yang memiliki gizi”.

nabi s. a. w. meningkatkan: “air zamzam berguna buat apa aja yang diniatkan kala meminumnya. bila engkau minum dengan iktikad supaya sembuh dari penyakitmu, hingga allah menyembuhkannya. bila engkau minum dengan iktikad biar terasa kenyang, hingga allah mengenyangkan engkau. bila engkau meminumnya supaya lenyap kerasa hausmu, hingga allah hendak menyirnakan dahagamu itu. ini merupakan air tekanan tungkak jibril, minuman dari allah buat ismail “. (hr daruqutni, ahmad, ibnu majah, dari ibnu abbas).

rasulullah saw sempat mengambil air zam - zam dalam suatu kendi dan juga wadah dari kulit, setelah itu membawanya berulang ke madinah dan juga air zam - zam itu dipakai rasulullah (saw) buat memercikkan kepada orang sakit dan juga setelah itu disuruh meminumnya.

dalam riset ilmiah yang dicoba di laboratorium eropa, teruji kalau air zamzam benar lain dari yang lain. isi airnya berubah dengan sumur - sumur yang terdapat di dekat makah.

harga kalsium dan juga garam magnesiumnya lebih besar dibandingkan sumur yang lain, efektif buat menyirnakan kerasa haus dan juga dampak pengobatan.

air zam - zam pula memiliki zat fluorida yang efektif menghancurkan kuman - kuman yang terdapat dalam isi airnya. yang pula luar biasa merupakan tidak terdapat sedikit juga lumut di sumur ini. air zam - zam senantiasa leluasa dari kontaminasi bakteri.

ajaibnya lagi, pada dikala seluruh sumur air di dekat mekah dalam kondisi kering, sumur air zam - zam senantiasa berair. dan juga air zamzam benar tidak sempat kering sejauh era.

sebagian ulama fikih merekomendasikan supaya jamaah haji bawa air zamzam kala kembali ke negaranya karna air zam - zam dapat jadi bagaikan obat buat pengobatan. ini teruji banyak jemaah dari negeri umat islam manapun negeri lain yang sempat merasakan keajaiban air zamzam.

kumpulan hadist menimpa keutamaan air zam - zam

dari abu dzar ra, kalau rasulullah saw bersabda: “sesungguhnya dia merupakan mata air yang diberkahi. sebetulnya dia merupakan santapan yang mengenyangkan”.

dia saw pula bersabda: “air zamzam bermanfaat buat tujuan apa dia diminum. bila engkau meminumnya buat tujuan kesembuhan, tentu allah menyembuhkanmu. bila engkau meminumnya buat mendapatkan proteksi, tentu allah melindungi. dan juga bila engkau meminumnya buat menyirnakan dahaga, tentu allah menyirnakan dahagamu”.

dari abu dzar ra, kalau rasulullah saw bersabda: “zamzam merupakan santapan yang mengenyangkan dan juga penyembuh penyakit”.

dari ibnu abbas ra kalau rasulullah saw bersabda: “sesungguhnya salah satu ciri yang membedakan antara kita dengan orang - orang munafik merupakan mereka tidak ingin bertadhollu’ dengan air zamzam”.

tadhollu’ mempunyai makna: meminum dalam jumlah yang banyak sampai terasa kenyang ataupun puas. dan juga, air yang diminum menggapai penggalan rusuk orang yang minum.

sebaliknya yang diartikan dengan tasyafi merupakan: meminum air zamzam bagaikan fasilitas pengobatan. menimpa perihal ini ada hadist yang diriwayatkan dari ibnu abbas ra yang mengatakan kalau rasulullah swa bersabda: “air yang amat baik di permukaan bumi merupakan air zamzam. dia memiliki santapan yang mengenyangkan dan juga obat penawar untuk penyakit”.




(sumber: kaskus. co. id)

Related Posts

0 comments:

Post a Comment