Inilah Baitul Makmur, Kiblat Para Malaikat di Langit Ketujuh

shares |

Advertisement
Dikala melakukan shalat, umat islam dari seluruh penjuru menghadap ke ka’bah bagaikan arah kiblat. bangunan berupa kubus ini terletak di jantung masjidil haram dan juga dikelilingi oleh ribuan manusia tiap hari.

sedikit orang yang ketahui, kalau nyatanya tidak cuma satu ka’bah yang terdapat di alam semesta ini. bersumber pada al - quran dan juga hadist, terdapat 2 ka’bah yang dipercaya jadi rumah allah. tidak hanya ka’bah yang dibentuk di mekkah, nyatanya terdapat satu lagi ka’bah yang jadi arah kiblat penduduk langit.

ka’bah tersebut bernama baitul makmur dan juga terletak di langit ketujuh. seperti ka’bah di dunia, baitul makmur pula dikelilingi oleh malaikat tiap hari buat melaksanakan tawaf. bersumber pada hadist nabi, letak ka’bah di langit ini sejajar dengan ka’bah yang berposisi di bumi. sebagaimana penduduk bumi memakmurkan ka’bah hingga penduduk langit pula memakmurkan baitul makmur.

nabi muhammad saw memandang langsung baitul makmur kala melakukan isra mi’raj buat menjemput perintah salat. sesampainya di langit ketujuh, nabi berbarengan malaikat jibril disambut oleh nabi ibrahim as. kala itu si rasulullah memandang baitul makmur yang dikelilingi ribuan malaikat. cerita ini dikisahkan nabi yang maksudnya:

“lalu saya memandang baitul makmur. akupun bertanya kepada jibril. “ini merupakan baitul makmur, tiap hari, tempat ini didatangi 70. 000 malaikat buat melaksanakan shalat di situ. sehabis mereka kaluar, mereka tidak hendak berulang lagi ke tempat ini. ” (hr. bukhari 3207 muslim 162).

baitul makmur makmur pula jadi salah satu tempat yang diperuntukan allah bagaikan sumpah - nya. serupa dikenal kalau makhluk allah yang jadi sumpah berarti tercantum makhluk yang mulia. baitul makmur dalam al - qur’an disebutkan dalam tulisan at - thur yang maksudnya, “dan demi baitul ma’mur, dan juga atap yang ditinggikan (langit) , dan juga laut yang di dalam tanahnya terdapat api, ” (qs. at - thur: 4 - 6).

baitul makmur bermula dikala allah swt bakal menghasilkan khalifah di bumi. dikala itu keputusan allah swt ini dipertanyakan oleh para malaikat. serupa kalam allah dalam al - baqarah : 30 yang maksudnya “kenapa engkau bakal menghasilkan khalifah dibumi, ialah orang - orang yang hendak berbuat kehancuran silih menumpahkan darah, sebaliknya kami ini (para malaikat) masih senantiasa bertasbih, bertauhid, dan juga mesucikan engkau”, allah berfirman : “sesungguhnya saya lebih mengenali terhadap apa yang kamu tidak ketahui” (al - baqarah : 30)

nyatanya jawaban allah membikin malaikat terasa berdosa. setelah itu buat menebus seluruh dosa - dosanya, kalangan malaikat ini berthowaf (berkelana) arsy sebanyak 7 kali. allah setelah itu memerintahkan kepada para malikat itu buat turun ke bumi dan juga membangun suatu baitullah (ka’bah). tujuannya supaya bila adam (manusia) berbuat dosa, mampu diampuni dengan berthowaf mengelilingi ka’bah sebanyak 7 kali.

tetapi kala banjir pada era nabi nuh as, allah mengangkut baitullah ini ke atas langit. di sisi ka’bah tersebut dibentuk suatu tower yang hampir tingginya merupakan sejauh 500 tahun ekspedisi. apabila telah tiba hari jum’at, malaikat jibril naik keatas tower dan juga mengumandangkan adzan, malaikat israfil yang membacakan khutbah jum’at nya dan juga sholat jum’at diimami oleh malaikat mikail, diiringi oleh segala malaikat yang berposisi di baitul makmur tersebut.

bangunan ini mempunyai peran yang amat mulia, hingga nama ini tidak boleh dipakai buat menamakan satu rumah, ataupun tempat, ataupun bangunan whatever. sebagaimana kita tidak boleh berikan nama tempat di dekat kita dengan nama ka’bah ataupun baitul haram, ataupun nama - nama yang lain yang diagungkan. karna tercantum wujud pennghinaan dan juga supaya tidak dikira menyerupakan.

sekiranya bila terdapat yang kurang dalam ulasan informasi ini mohon ditambahkan. bila terdapat yang salah mohon dikoreksi. allah swt penguasa seluruh pengetahuan di alam semesta.




(sumber: muslimsatu. com)

Related Posts

0 comments:

Post a Comment