Hadits Qudsi : Pahala Mengucapkan Inna Lillahi wa Inna Ilaihi Rajiun Saat Kematian

shares

Advertisement
Dari abu musa a - asy’ari ra, sebetulnya rasul allah saw telah bersabda, “bila telah mati anak seseorang hamba, hingga allah berfirman kepada malaikat - nya, ‘kamu telah mencabut anak hamba - ku. ’ mereka menanggapi, ‘ya. ’ kemudian allah berfirman, ‘kamu ambil buah hatinya. ’ mereka menanggapi, ‘ya. ’ kemudian allah bertanya, ‘apa yang dikatakan oleh hamba - ku? ’ mereka menanggapi, ‘dia memuji - mu dan juga istirja’ (mengucapkan inna lillahi wa inna ilaihi raji’un). ’ hingga allah berfirman, ‘bangunkanlah buat hamba - ku ini suatu rumah di surga, dan juga berilah nama rumah pujian. ’”

rawi hadits:

at - tirmidzi dalam jami’nya: kitabul janaiz (1021) , bab: keutamaan terserang bencana apabila ikhlas. ia berkata, “hadits ini hasan gharib. ”

ibnu hibban dalam shahihnya: kitab mawarid (726). ibnu hibban dalam shahihnya: kitab ihsan (4/262, nomor. 2937). abu daud at - tayalisi dalam musnadnya (nomor. 508). ahmad dalam musnadnya (4/410) nu’im bin hamid dalam zawaid az - zuhdi (108). seluruhnya lewat thariq abi sanan. isa bin abi sanan, ia lemah. namun hadits ini terdapat jalur lain yang disebutkan oleh al - bani dalam assilsilatus shahihah (1408) dengan menisbatkan kepada as - safaqi. dan juga al - bani menghasankan karna banyaknya jalur.

uraian:

angkatan laut (AL) istirja’ ialah perkataan seorang (inna lillahi wa inna ilaihi raji’un) kala tertimpa bencana. serupa firman allah dalam al - qur’an tulisan al - baqarah 156 - 157: “dan bagikan laporan gembira kepada mereka yang tabah, ialah mereka yang apabila ditimpa bencana, mereka mengucapkan inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, maksudnya: sebetulnya kami kepunyaan allah; dan juga sebetulnya kami berulang kepada - nya. mereka itu menemukan keberkatan yang sempurna dan juga rahmat dari tuhan mereka. dan juga mereka seperti itu yang menemukan petunjuk. [syahida. com]

sumber : hadits qudsi shahih dan juga penjelasannya, angkatan laut (AL) imam abi angkatan laut (AL) hasan nuruddin, ali bin sulthan muhammad al - qoriy




(sumber: syahida. com)

Related Posts

0 comments:

Post a Comment