Beberapa Alasan Kuat Kenapa Nabi Muhammad Diturunkan di Tanah Arab

shares

Advertisement
Kesatu, di jazirah arab trdapat rumah ibadah kesatu.. tanah syam (palestina) menggambarkan negri para nabi dan juga rasul…hampir smua nabi yg prnah diutus terdapat di tanah itu. sampai - sampai kira - kira smua agama dilahirkan di tanah ini. yahudi dan juga nasrani merupakan 2 agama besar dalam sejarah manusia yg dilahirkan di negara syam (palestine)

tetapi ssungguhnya rumah ibadah prtama di wajah bumi malah tidak di syam, melainkan di jazirah arab. rumah allah (baitullah) dibentuk kesatu kali di tngah gurun pasir jazirah arab.. rumah ibadah kesatu itu mnurut riwayat dibentuk jauh saat sebelum terdapatnya peradaban manusia. merupakan para malaikat yg turun ke wajah bumi atas izin allah utk mmbangunnya meletakan batu surga di bakkah/mekah.. menyatukan titik pusat bumi segaris lurus dgn arsyi allah. kemudian mereka bertawaf di sekitar ka’bah itu bagaikan upaya kesatu mnjadikan rumah itu bagaikan pusat peribadatan umat manusia hngga hari kiamat menjelang.

kala adam as diturunkan ke wajah bumi di waktu shubuh, begitu kaget dan juga takutnya nabi adam memandang kondisi dunia hitam gulita.. utk mnghilangkan ketakutannya shingga nabi adam as memohon proteksi allah dgn melaksanakan ritual sholat dgn 2 sujud.

hadist nabi yg diriwayatkan oleh ali ibn abi thalib, dia brcerita: sesuatu hari kala rasul saw berbarengan ali, datanglah sekumpulan orang yahudi dan juga menanyakan tentang ssuatu yg diperintahkan oleh allah kepada umat islam. rasulullah saw:

“shubuh, manusia kesatu yg melaksanakan shalat merupakan nabi adam as, ialah dikala adam diturunkan ke bumi utk mnjadi khalifah di wajah bumi mngerjakan shalat 2 rakaat,. . mnjelang terbit fajar. *rakaat kesatu bagaikan ciri syukur karna trlepas dari kegelapan malam.

*rakaat ke 2, brsyukur atas hilangnya kegelapan dgn terbitnya fajar.

(dari jalan ali ibn abi thalib, diceritakan berulang ke fatimah az zahra kemudian ke sayyidah aisyah binti abu bakar as - shidiq, diriwayatkan kmbali oleh al - baihqi)

nabi adam as diturunkan di negri yg saat ini diketahui sbagai india. sebaliknya istrinya diturunkan di dekat ka’bah. kemudian atas izin allah keduanya diprtemukan di jabal rahmah,. . sebagian km dari tempat dibangunnya ka’bah. hingga jadilah daerah dekat ka’bah itu bagaikan tempat tinggal dini mereka dan juga ka’bah bagaikan tempat pusat peribadahan umat manusia. dan juga di situlah peradaban segala umat manusia berasal dan juga di tempat itu pula manusia semenjak dini sudah mngenal sbuah rumah ibadah.

perihal ini ssuai dgn firman allah swt:
“sesungguhnya rumah yg kesatu dibentuk utk manusia beribadah merupakan rumah yg di bakkah (makkah) , yg diberkahi dan juga mnjadi petunjuk untuk manusia. (qs ali imran: 96). •

*ke 2…posisi strategis*

jazirah arab merupakan daerah yg mmiliki posisi strategis. apabila kita cermati peta dunia, kita hendak mndapati terdapatnya bnyak daratan yg mnjadi titik pusat peradaban manusia. dan juga jazirah arab trletak di antara 3 daratan besar yg sejauh sejarah mnjadi pusat peradaban manusia.

semenjak masa rasulullah saw, posisi jazirah arab merupakan posisi yg strategis dan juga pas berposisi di tengah - tengah brbagai pusat peradaban dunia. terlebih lagi di masa itu, bngsa arab mngenal 2 tipe mata duit sekalian, ialah dinar dan juga dirham…dinar merupakan tipe mata duit emas yg berlaku di barat, ialah romawi dan juga yunani,. . lagi dirham merupakan mata duit perak yg diketahui di negara timur, serupa persia. dalam literatur fiqih islam, baik dinar ataupun dirham bersama diakui dan juga dipakai bagaikan mata duit yg brlaku.

ini mnunjukkan, jazirah arab pnya akses yg gampang, baik ke barat ataupun ke timur. terlebih lagi pula ke utara ataupun ke selatan, ialah syam di utara dan juga yaman di selatan. dengan demikian, kala muhammad saw dinaikan mnjadi nabi dan juga diperintahkan mnyampaikannya kepada segala umat manusia, dia sngat trbantu dgn posisi jazirah arab, yg benar sngat strategis dan juga pas berposisi pada pertemuan smua peradaban.

coba bayangkan apabila islam diturunkan di wilayah - wilayah yg sngat jauh dari brbagai belahan dunia yg lain daratan yg terpisah dgn samudera serupa daratan australia, daratan amerika ataupun kutub utara, yg sngat dingin itu. tentu hendak sngat lelet sekali diketahui di brbagai peradaban dunia ekspedisi laut yg bermil - mil jauhnya. pula tidak dapat kita bayangkan apabila islam diturunkan di daerah - daerah trpencil di afrika, semisal, ataupun di daratan daratan lain yg jauh dari peradaban romawi, persia dan juga yunani. tentu islam sampai hari ini masih mngalami hambatan dalam pnyebaran.

jazirah arab mmiliki akses jalur darat dan juga laut yg bersama brmanfaat yg mmbuat para dai islam dapat mnelusuri kedua jalan itu dgn mudah…sehingga di abad kesatu hijriyah sekalipun, islam sudah masuk ke brbagai pusat peradaban dunia. terlebih lagi mnurut hamka, brdasarkan sumber - sumber sejarah non - barat, di abad itu islam sudah smpal ke negara nusantara ini ialah kota barus (sumatera utara) yg sebelumnya sudah diketahui oleh raja firaun mesir (gunung barus yg sediakan bahan - bahan kapur utk proses kimia pengawetan mumi)

*ke 3…akhlaq mulia*

kesucian bngsa arab. stigma yg sepanjang ini trbentuk di benak masing - masing orang merupakan kalau orang arab di masa rasulullah saw itu jahiliyyah.

keterbelakangan teknologi dan juga ilmu pngetahuan dikira bagaikan contoh utuk mnjelaskan arti jahiliyyah. sementara itu yg diartikan dgn jahiliyyah ssungguhnya bukan ketertinggalan teknologi, pula bukan kesederhanaan kehidupan sesuatu bangsa. jahiliyyah dalam pemikiran al - qur’an merupakan lawan dari islam. hingga hukum jahiliyyah merupakan lawan dari hukum islam…semangat jahiliyyah merupakan lawan dari antusias islam.

bangsa arab dikala itu benar sedikit trbelakang scara teknologi dibanding peradaban yang lain termsuk primitif. mereka hidup di gurun pasir yg masih murni dan juga masih banyak terrdapat lahan padang rumput utk mngembalakan ternak - ternak (padang rumput di tengah gurun diucap oase/oasis) serupa pada gambar..

dan juga hawa yg fresh jauh dari polusi peradaban ke 2 daerah romawi dan juga persia. hingga brbeda dgn moralitas bangsa lain yg sudah smakin terkotori oleh budaya kota, bangsa arab hidup dgn kemurnian nilai kemanusiaan yg masih asli. hingga watak jujur, amanah, silih mnghormati, dan juga adil merupakan karakteristik mndasar sifat bangsa yg hidup dekat dgn alam ini. suatu yg telah susah didapat dari bangsa lain yg hidup di tengah hiruk pikuk kota.

bagaikan contoh gampang, bangsa arab memiliki akhlaq mulia bagaikan penerima tamu. pelayanan kepada seseorang tamu, yg walaupun belum diketahui, menggambarkan penggalan dari harga diri seseorang arab sejati. pantang untuk mereka mnyia - nyiakan tamu yg tiba. bahwa butuh smua prsediaan makan yg mereka miliki juga dikasih kepada tamu.

pantang pula untuk bangsa arab mnolak permintaan orang yg kesulitan.. tetapi budaya ini smpai ke pula loh ke indonesia serupa yg sy temui bila brkunjung ke rumah sahabat yg tinggal di sebagian desa dan juga kampung pnyambutan utk melayani tamu amat istimewa.. hingga santapan dalam lemari ataupun buah dari kebun - kebun mereka di hidangkan.. (dalam hati kenyang deh yg sering - sering saja bertamu ke desa sembari dapat mnikmati keelokan alamnya dan santapan tradisioanalnya mantap)

kala bangsa lain mngalami degradasi moral serupa minum khamar dan juga mnyembah berhala, bangsa arab hnyalah mnjadi korban imbasnya dari interaksi dgn mereka. yupz, 360 berhala yg terdapat di sekeiiling ka’bah tidak lain karna pngaruh interaksi pergaulan mereka sehabis sehabis berdagang ke negri romawi dan juga persia dgn peradaban mereka yg sangat mnggemari arca serupa dewa - dewa pada romawi dan juga yunani yg ketentuan budaya paganiesme. terlebih lagi suatu berhala yg amat besar, ialah hubal, tidak lain menggambarkan sbuah arca yg dihadiahkan kaisr nero.

hingga budaya paganisme yg terdapat di arab tidak lain hnyalah interaksi pngaruh kurang baik yg diterima bagaikan imbas dari pergaulan mereka dgn budaya romawi dan juga yunani.

watak jujur, amanah, terbuka, dan juga mnghormati sesama menggambarkan akhlaq dan juga sifat dasar yg tidak dapat lenyap begitu saja. dan juga sifat dasar serupa ini diperlukan utk seseorang dai, terlebih generasi dai kesatu. mereka tidak prnah terasa butuh utk mmutar balik ayat allah, sebagaimana yahudi dgn kitab tauratnya di rubah mnjadi kitab talmud dgn tulisan tangan rabi - rabi yahudi dan juga pula nasrani melaksanakan perbaikan besar - besaran dgn alkitabnya.

arab yg masih lugu dan juga polos walaupun berwtak keras tetapi mereka pnya nurani yg sngat bersih dari bercak kotor. yg mereka jalani merupakan taat, tunduk, dan juga patuh kepada apa yg allah perintahkan tidak berani beragam utk merubah ayat - ayat al - qur’an

begitu sinar iman masuk ke dalam dada yg masih bersih dan juga suci, cahaya itu mmbentuk proyeksi iman dan juga amal yg luar biasa. berubah dgn watak bani israil, yg dadanya penih dgn pembangkangan dan juga gemar menewaskan para utusan allah, sampai - sampai bani israil ayat - ayat yg turun senantiasa mereka tolak dan juga para nabi yg diutus senantiasa mereka dustai…bangsa arab meski awal mulanya menolak kenabian muhammad tetapi pada kesimpulannya segala suku quraisy di dikala iman sudah masuk ke dalam dada seluruh kabilah - kabilah mengakui kerasulan muhammad.. dan juga cuma bangsa yg hatinya masih bersih yg sanggup mnjadi tiang pancang peradaban manusia dan juga titik tolak penyebar agama terakhir ke segala penjuru dunia.

*ke 4…bahasa terkaya*

aspek bahasa…sudah mnjadi ketetapan allah swt utk mngirim nabi dgn bahasa umatnya, supaya tidak trjadi kesalahan dalam komunikasi antara nabi dan juga umatnya…tapi di alek bahasa kesatu yg digunakan nabi adam as merupakan bahasa arab

firman allah swt: ”

ar rahman. ‘allama lqura - na. khalaqa alinsa - na. ‘allamahu lbayaana (qs. ar rahman, 1 - 4)

maksudnya: “yg maha pemurah…mengajarkan angkatan laut (AL) quran…menciptakan manusia…mengajarkan kepadanya al - bayan”.. (qs. ar rahman 55: 1 - 4).

angkatan laut (AL) bayan yg dibangun oleh pangkal kata yg trdiri dari 3 huruf:. . ba, ya dan juga nun,. brmakna trik utk ekspresi yg trkandung dalam qalb, bahasa yg jelas…ke 3 huruf trsebut mnurunkan kata mubiyn dalam ayat yg berikut:

“hadza - lisa - nun ‘arabiyyun mubiynun”.. (qs. an nahl, 104) , maksudnya:. . ” (angkatan laut (AL) quran) ini bahasa arab yg jelas (qs. an nahl, 16: 104).

(dari alif, ba, nun, ya, ‘ain, qaf, lam,. . ’aqala maksudnya mnganalisis dan juga mnsintesis) dapatlah disimpulkan:

allah yg maha pemurah mnciptakan manusia…khusus kepada adam, allah mngajarkan kepadanya al - bayan, ialah bahasa yg jelas, ialah bahasa arab…jadi nabi adam as mengenakan bahasa arab.

tetapi kala smua nabi telah terutus utk tiap - tiap umat manusia, allah mnetapkan terdapatnya nabi terakhir yg diutus utk segala umat manusia dgn berulang kepada bahsa al - bayan (bahasa yg jelas di pakai nabi adam as) …dan kelebihannya merupakan kalau risalah yg dibawa nabi trsebut hendak senantiasa abadi sampai selesainya kehidupan di wajah bumi ini.

utk itu dibutuhkan sbuah bahasa spesial yg dapat menampung data risalah scara abadi…sebab para pengamat sejarah bahasa setuju kalau masing - masing bahasa itu memiliki masa keberadaan yg trbatas…lewat dari masanya, bahasa itu hendak tidak lagi diketahui orang ataupun terlebih lagi lenyap dari sejarah sama sekali.

tidak harus jauh - jauh utk mmahami perihal ini…perhatikan saja bahasa kita, bahasa indonesia…coba kamu bandingkan bahasa indonesia yg saat ini kita pakai dan juga yg kita baca dalam brbagai tulisan di buku - buku ataupun media yg lain dikala ini dgn bahasa indonesia ataupun bahasa melayu 50 thn yg kemudian, terlebih 100 thn yg kemudian. brbeda sekali.

yg dulu bahasa tulisan kita tempo doeloe” perdjoangan dan juga persatoean.. kesimpulannya berbeda mnjadi bahasa nasional mnjadi “perjuangan dan juga persatuan” di masa orde baru saat ini ini

dapat dibayangkan gimana bahasa indonesia sebagian ratus thn yg lalu…pasti sngat susah kita pahami walaupun tentu masih terdapat bagian - bagian yg dapat kita mngerti…atau bahasa inggris terdapat 2 kepribadian bahasa ialah inggris dulu sekali dan juga inggris british tiap negeri yg mnggunakan bahasa inggris dulu sekali dan juga british hendak berubah arti terjemahan artinya

hingga wajib terdapat sbuah bahasa yg brsifat abadi dan juga senantiasa dipakai oleh beberapa besar umat manusia sejauh masa. bahasa itu trnyata mnurut ahli bahasa merupakan bahasa arab, sbagai salah satunya bahasa yg sempat terdapat di wajah bumi yg sudah brusia ribuan thn dan juga sampai hari ini masih dipakai oleh sjumlah besar umat manusia.

bukan hnya dipakai, namun maknanya pula senantiasa sama…coba kamu perhatikan, ai - qur’an yg diturunkan lebih dari 14 abad yg kemudian, maknanya scara universal dan juga segi bahasa senantiasa mampu dimengerti oleh orang yg mngerti bahasa arab di masa saat ini sebagaimana dia dimngerti oleh orang - orang di masa kemudian sampai orang - orang yg hidup di masa dini islam…tentu saja utk mengerti arti yg sesungguhnya ayat - ayat al - qur’an tidak gampang, diperlukan brbagai ilmu utk itu…

tetapi ini tidak trkait dgn masa…orang - orang saat ini ataupun orang - orang di masa kemudian mmbutuhkan bnyak bekal ilmu utk dapat mmahami arti ayat - ayat ai - qur’an dgn benar, tidak cukup hnya ilmu bahasa arab…tetapi, sekali lagi, itu tidak terpaut dgn waktu.
seperti itu rahasia mngapa islam diturunkan di arab dgn seseorang nabi yg brbicara dalam bahasa arab…sejak era nabi ibrahim as bahasa itu sudah digunakan…bahkan sebagian ulama brpendapat kalau bahasa arab merupakan bahasa umat nabi adama as manusia yg kesatu.

bagaikan bahasa yg trtua di dunia, wajarlah apabila bahasa arab mmiliki jumlah kosakata yg amat besar…para pakar bahasa sempat mngadakan riset yg mnyebutkan kalau bahasa arab mempunyai persamaan kata (sinonim) yg amat bnyak dalam pnyebutan nama - nama benda…misalnya utk seekor unta,. . orang arab pnya dekat 800 kata yg identik dgn unta…utk kata yg identik dgn anjing, terdapat dekat 100 kata…maka tidak terdapat 1 juga bahasa di dunia ini yg dapat mnyamai bahasa’arab dalam perihal kekayaan prbendaharaannya. dan juga dgn bahasa yg lengkap dan juga abadi itu pulalah agama islam di informasikan dan juga al - qur’an diturunkan.

*tanpa kemajuan materiil*

ke 5,. . arab merupakan negara tnpa kemajuan materiil sebelumnya. seandainya saat sebelum turunnya nabi muhammad saw bangsa arab sudah maju dari sisi peradaban modul, dapat jadi orang hendak mnganggap kalau islam hnyalah brfungsi pada sisi moral kematerrialistisme.. orang hendak berpikiran kalau peradaban islam hnya peradaban spiritualis, yg hnya mngacu pada sisi ruhaniyah sepihak

islam diturunkan di jazirah arab, yg tidak pnya peradaban modul, kemudian seketika brhasil mmbangun peradaban modul di segala dunia, hingga tahulah orang - orang kalau islam itu tidaklah ajaran yg bertabiat parsial, yg sepotong - sepotong belaka…mereka percaya kalau islam merupakan sbuah ajaran yg multidimensi…ajaran islam mngandung permasalahan modul dan juga ruhani.

kala sisi aqidah dan juga fikrah (pemikiran) bangsa arab sudah trtanam dgn islam, ajaran islam setelah itu mngajak mereka mmbangun peradaban modul yg mnakjubkan dalam catatan sejarah manusia…pusat - pusat peradaban dibentuk bangsa - bangsa yg masuk islam dan juga mnjadikan peradaban mereka smakin maju dan juga kaya
logikanya, apabila di tanah gersang padang pasir itu dapat dibentuk peradaban besar dgn brbekal ajaran ilmu islam, tentu mmbangun peradaban yg sudah terdapat bukan perihal sulit…karna seperti itu, di negeri - negeri islam yg peradaban sebelumnya sudah maju, serupa mesir, persia, dan juga india, kedatangan islam smakin memajukan peradaban mereka.

kenapa.. ? karna, islam senantiasa mmpertahankan hak kepunyaan mereka yg baik dan juga hnya mnghapuskan yg bertabiat kolonialisme dan juga kapitalisme

sumber: aril notty‎





(sumber: islamidia. com)





Related Posts

0 comments:

Post a Comment